Beli Laptop 1 Jutaan dengan Spek memuaskan di Toko Pedia dari Seller Terpercaya ► DISINI

Daftar Isi

bagaimana cara membedakan berita baik dan berita palsu

bagaimana cara membedakan berita baik dan berita palsu, membedakan berita baik dan berita palsu,

 bagaimana cara membedakan berita baik dan berita palsu



Untuk membedakan bagaimana cara membedakan berita baik dan berita palsu ada beberapa indikator yang bisa anda gunakan untuk menentukan berita tersebut baik / benar atau berita palsu / hoax.
Berikut adalah beberapa cara membedakan berita baik dan berita palsu.

Sumber berita

Berita baik, pada dasarnya memiliki sumber berita yang terpercaya, dan dapat di pertanggung jawabkan, contoh sumber berita terpercaya adalah, Media yang terpercaya, seperti Detik com, Trimbun News, dll. Contoh lain sumber berita terpercaya adalah orang yang memberikan berita tersebut, Misalnya Presiden, Mentri atau akun sosial media resmi milik orang yang memberikan berita tersebut, sedangkan berita palsu, pada dasarnya tidak memiliki sumber berita, dominan seperti memberikan Opini sendiri, atau bahkan hanya mengarang saja, tanpa ada data yang valid dan informasi yang dapat di pertanggung jawabkan. Contoh dari berita palsu ini adalah sumber berita yang anda dapatkan dari akun Sosial Media orang yang tidak di kenal, atau sumber berita palsu yang berasal dari blog abal-abal yang mungkin sengaja dibuat hanya untuk hal hal yang tidak benar.

Baca Juga :

Waktu berita

Berita Baik biasanya akan membagikan informasi terkait berita tidak terburu-buru dan biasaya sudah memiliki klarifikasi dari sumber terpercaya yang dapat dipertanggung jawabkan, sedangkan berita palsu biasanya akan memberitakan berita secara terburu-buru dan terkesan seperti mengada-ada, dan membuat seolah olah informasi berita tersebut sudah benar padahal belum memiliki sumber informasi terpercaya.

Dokumentasi berita

Berita Baik akan memcantumkan dokumentasi berupa video atau gambar asli tanpa di edit. Baik itu gambar atau video, tidak di edit, dan asli berasal dari kejadian tersebut, gambar atau video yang di edit membuat berita tersebut menjadi diragukan, pastikan berita yang anda dapatkan memiliki dokumentasi asli yang tidak di edit dengan cara melihat dengan seksama informasi foto dan video yang di bagikan.


Nah, dengan demikian, anda akan dapat membedakan berita baik dan berita palsu dari internet.
sekian dulu pembahasan terkait pertanyaan bagaimana cara membedakan berita baik dan berita palsu. semoga bermanfaat.

Post a Comment

Mohon menggunakan kalimat yang sopan!